Cerita "Mission Look for Missing Barlow" dalam Pokémon Ranger: Shadow of Almia

Mission Look for Missing Barlow
Karakter pemain mulai menavigasi kapal dan menemukan beberapa preman TDS berbicara tentang Kingston Valve, steker yang dapat menenggelamkan kapal dilepas, sebelum mengalahkan mereka. Para preman melarikan diri untuk melapor ke atasan mereka saat karakter pemain terus mencari kapal dan membebaskan Mime Jr dari Tetua desa.
Mime Jr. memandu karakter pemain ke ruangan tempat Pokemon Boyleland lainnya dikendalikan oleh Gigaremo biru. Karakter pemain menghancurkan Gigaremo, membebaskan Pokémon, dan terus mencari Barlow. Karakter pemain segera menemukan Barlow, yang senang melihat karakter pemain, diikat di ruangan gelap. Kegelapan mencegah penggunaan target yang jelas untuk membebaskan Barlow dari ikatannya, sehingga karakter pemain membebaskan dan menangkap Electabuzz untuk menerangi ruangan.
Setelah Barlow dibebaskan dan penata gayanya dikembalikan, dia menggunakannya untuk menghubungi Crawford dan memutuskan untuk mengendalikan kapal. Barlow menggunakan target manusia yang jelas untuk mendobrak pintu yang terkunci, tetapi melakukannya dan menabrak kamar kapten yang dipenuhi dengan seragam dan aroma semprotan rambut yang akrab dengan karakter pemain. Setelah menerobos lebih banyak preman TDS, karakter pemain mencapai dek atas. Di sana, mereka menemukan Mr Kincaid yang mengungkapkan dia adalah anggota terkemuka Tim Dim Sun. Kincaid memanggil pasukan preman untuk mengalahkan dua Rangers, tetapi dikalahkan. Barlow menghadapi Kincaid dan Drapionnya, sementara karakter pemain berurusan dengan pasukan preman lainnya. Karakter pemain mengalahkan skuad kedua, tetapi Barlow dikalahkan dan stylernya dihancurkan. Kincaid sesumbar bahwa Miniremo baru lebih unggul dari Gigaremo mentah dan berat. Dia melanjutkan dengan mengungkapkan seorang anak laki-laki, seorang jenius sekali dalam satu abad, menciptakan mereka. Dia mengambil pekerjaan di Sekolah Ranger untuk menemukan dan merekrut jenius itu. Kincaid mengirimkan Drapionnya pada karakter pemain, tetapi karakter pemain muncul sebagai pemenang.
Kincaid, dengki atas kekalahannya, memerintahkan Kingston Valve dihapus dan TDS meninggalkan kapal. Kincaid melarikan diri dengan Gliscor dan menyombongkan bahwa tanpa Nilai, kapal akan tenggelam dengan membawa bukti rencana TDS. Barlow mengambil kendali kapal untuk menyelamatkan Pokémon di kapal dan memanggil Crawford untuk memberi tahu dia tentang apa yang terjadi. Crawford memperingatkan keduanya bahwa mereka perlu menemukan air dangkal dan pantai kapal kargo sebelum tenggelam. Karakter pemain memutuskan untuk mengembalikan Nilai Kingston untuk memperlambat tenggelamnya cukup lama untuk mendapatkan kapal ke tempat yang aman. Saat pemain mereka turun, preman TDS dan Pokémon melarikan diri ke geladak untuk menghindari air yang naik. Karakter pemain berhasil mendapatkan Kingston Valve kembali dan ini memungkinkan Barlow waktu yang dia butuhkan untuk menemukan sebidang kecil tanah untuk pantai kapal.