Ringkasan Game Bergenre Science-Fiction, Yaitu Observation !

Emma bekerja sama dengan Sam, seorang A.I. yang dikendalikan oleh pemain sistem kontrol, Mereka berdua harus bekerja sama untuk mencari tahu apa yang terjadi dan menemukan kebenaran di balik hilangnya kru.
Observation adalah permainan sci-fi, di mana pemain menemukan diri mereka sendirian di Stasiun Luar Angkasa Internasional. Mengikuti kisah Dr. Emma Fisher, pemain akan segera mendapatkan perasaan bahwa stasiun luar angkasa telah ditinggalkan. Namun, Dr Fisher segera menjelaskan bahwa sisa anggota kru tampaknya telah hilang, dan saat ini tidak dapat dijangkau. Maklum, Dr. Fisher mulai menjadi takut dan menjadikan pencarian anggota kru yang hilang sebagai prioritas nomor satu untuk dirinya sendiri dan AI di kapal, S.A.M. Meskipun mengikuti kisah Dr. Fisher, pemain akan memainkan game hanya melalui mata S.A.M., yang merupakan singkatan dari System Administration & Maintenance. S.A.M. hadir untuk melayani Dr. Fisher dan kru lainnya dengan segala kebutuhan teknologi mereka. Sistem kecerdasan buatan dapat melakukan hal-hal seperti palka terbuka, otentikasi suara, terhubung ke komputer stasiun, dan banyak lagi, semua yang mendukung alur permainan.
Pengamatan dilihat melalui perspektif S.A.M. melalui kamera di kapal dan Connection Sphere. Dengan kamera, AI dapat dengan cepat mencari di sekitar stasiun luar angkasa dengan melompat ke berbagai kamera terpasang di salah satu dari berbagai ruangan dan sayap stasiun. Selain itu, S.A.M dapat melakukan perjalanan melalui ISS dengan Connection Sphere, yang dibuat oleh Dr. Fisher. Hal ini memungkinkan pemain untuk mengapung di sekitar kapal dan menjelajahinya secara mendalam dan bahkan meninggalkan stasiun untuk melakukan perjalanan melalui ruang angkasa. S.A.M. dengan cepat ditugaskan untuk membantu Dr. Fisher dalam melacak anggota kru yang hilang, satu per satu. Tidak butuh waktu lama bagi S.A.M. untuk menerima pesan misterius, "Bawa Dia," diikuti oleh sekelompok simbol asing. Dengan cepat menjadi jelas bahwa ada kekuatan lain yang hadir, yang mungkin ada hubungannya dengan anggota kru yang hilang.
Saat plot Observasi berlangsung, pemain perlahan-lahan dapat mengumpulkan apa yang terjadi pada anggota tim yang hilang. Baik itu melalui cutscene pendek atau objek yang berinteraksi di seluruh stasiun ruang angkasa, pemain terus-menerus memeras otak mereka untuk mencoba mengumpulkan misteri berdasarkan apa yang telah mereka temukan.